Friday, February 16, 2018

Dana Terbatas, Waktu Terbatas dan Ingin Keluar Negeri ? Singapura Tepat Menjadi Pilihan

Patung Merlion yang menjadi icon Singapura

Kenapa Singapura? Bukan Malaysia atau mungkin Thailand. Menurut saya dengan budget yang sangat terbatas, ingin bersantai menikmati liburan dan sejenak lari dari rutinitas keseharian, Singapura merupakan salah satu pilihan yang tepat. Yah walaupun biaya hidup di Singapura lebih mahal dari Malaysia, Singapura tetap menjadi pilihan terbaik karena kemudahan akses dan mobilitas yang sangat mudah (khususnya buat pemula). Dengan dana 3 sampai 4 juta kamu sudah bisa menghabiskan waktu di sana selama kurang lebih 3 hari 2 malam, tergantung mau gaya liburan seperti apa yang dianut, kalau saya sih dengan dana segitu bisa sampai 1 minggu. Biaya liburan bisa ditekan tergantung jenis akomodasi seperti apa yang anda inginkan, mulai dari budget hostel sekamar rame-rame hingga hotel berbintang dengan fasilitas kolam renang di lantai tertinggi.

Taman buatan di Marina Garden By The Bay

Super Tree di Marina Garden by The Bay

Dari segi sarana tranportasi, Singapura sudah memiliki sistem transportasi yang saling terintegrasi, malah menurut saya merupakan yang paling bagus se-Asia Tenggara. Kamu dapat memanfaatkan MRT (Sejenis kereta api yang relnya bisa di permukaan tanah, bawah tanah atau bahkan melayang di atas tanah), Bus Umum, dan apabila punya budget lebih dan gak mau berdesak-desakan kamu dapat memanfaatkan taksi (tidak disarankan apabila ingin menghemat biaya perjalanan). Jaringan transportasi publik seperti Bus dan MRT yang terdapat di Singapura, sudah menjangkau sebagian besar destinasi wisata yang ada di negara tersebut, tinggal pandai-pandai kita saja memadukan penggunaan Bus dan MRT serta rajin-rajin browsing atau lihat map. Untuk sistem tiketing nya sendiri cukup praktis, kamu bisa beli tiket sekali jalan di mesin penjual tiket atau membeli kartu yang dapat di isi ulang dan digunakan untuk Bus dan MRT. Kamu bisa mendapatkannya di counter-counter informasi yang terdapat di setiap stasiun MRT. Nah, menariknya untuk wisatawan terdapat Touristpass yang dapat digunakan sepuasnya tanpa perlu takut kehabisan nilai deposit kartu. Kamu dapat membeli Touristpass dengan masa berlaku 1 hari (24 jam), 2 hari dan maksimal 3 hari. Hargannya sekitar S$ 10 (untuk 1 hari) ditambah deposit S$ 10 yang bisa kamu minta kembali saat pengembalian kartu. Kartu ini bisa kamu pergunakan untuk Bus dan MRT sepuasnya selama masa berlaku kartunya belum habis.
Singapore Touristpass (ranselsibungsu)
Suasana stasiun MRT bawah tanah

Untuk destinasi wisata, inilah salah satu yang menjadi alasan saya memilih Singapura sebagai opsi untuk pemula. Singapura punya beragam pilihan destinasi wisata. Wisata budaya sperti Perkampungan Bugis, Pecinan, dan Melayu (bisa lihat ulasannya di sini). Kalau kamu tertarik dengan Arsitektur dan Kota, Singapura memiliki koleksi bangunan-bangunan lama dan baru yang sangat iconic dan moderen (lihat ulasannya di sini) atau kalau mau lihat info mengenai Singapura bisa langsung datang ke URA (Urban Redevelopment Authority) di tempat ini mereka memiliki galery yang terbuka untuk umum dan memajang sejarah perkembangan Singapura hingga rencana-rencana pengembangan kota dimasa yang akan datang (ulasannya bisa lihat di sini). Untuk yang suka dengan alam, taman dan hutan Singapura juga punya lo (ulasannya bisa dilihat di sini). Atau kalian penikmat wisata belanja? di Singapura banyak beragam pilihan mulai dari barang-barang imitasi berkualitas bagus kamu dapat menemukannya di area Bugis atau mau barang-barang bermerek dengan harga-harga fantastis kamu bisa menemukannya di sepanjang Orchard Road.
Pusat perbelanjaan Bugis

Pusat perbelanjaan VIVO

Kawasan Orchard Road

Beberapa hal di atas lah yang membuat saya memilih Singapura menjadi kota atau negara yang bisa kamu kunjungi dengan dana dan waktu yang terbatas. Kondisi transportasi umumnya sangat memudahkan ditambah dengan berbagai pilihan destinasi wisata yang ditawarkan sangat bervariasi. Memangsih harga-harga di Singapura itu relatif sangat mahal dibandingkan dengan di Indonesia, tapi menurut saya itu semua dapat diatasi dengan managemen kontrol pengeluaran yang telah diperhitungkan. Tergantung kebutuhan kita mau seperti apa. 

So, masih bingung mau kemana dengan dana terbatas dan waktu seadanya? tunggu apa lagi, rencanakan liburanmu, kumpulkan duitmu langsung cusssss berburu tiket murah.....

No comments:

Post a Comment